2020-10-14

Koordinasi dan Evaluasi Pelaporan e-Sakip

BPTP JAMBI
...

KOTA JAMBI - Dalam rangka evaluasi pengisian e-Sakip dan meningkatkan kapasitas operator e-Sakip, Pada Rabu, 14 Oktober 2020, telah dilaksanakan rapat pertemuan online Koordinasi dan Evaluasi Pelaporan e-Sakip melalui teleconference cloud meeting zoom. Rapat yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) ini dihadiri oleh operator e-Sakip dari 34 UPT BPTP yang tersebar di seluruh Indonesia.

Acara dimulai dengan sambutan dan arahan yang disampaikan oleh Kabid PE BBP2TP Dr. Sigid Handoko, SP, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa operator merupakan ujung tombak dalam pelaporan, pengisian laporan haruslah tepat waktu, baik laporan secara real time (online) atau laporan tertentu (offline).

Beliau juga mengingatkan bahwa laporan kegiatan sesuai Pagu yang telah diberikan harus dilengkapi dengan lokasi kegiatan desa dan kabupatennya serta kelompok tani yang melaksanakannya. Terkait e-Sakip, Beliau mengharapkan agar pelaksanaan pengisian terus berjalan lancar, sehingga mampu mendukung IKU yang telah ditargetkan selama 5 tahun ke depan.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Aulia Abrar, bahwa fungsi pelaporan sangat strategis, para operator memikul beban yang cukup berat, maka dibutuhkan keseriusan setiap personil dalam pelaksanaannya.

Acara kemudian langsung dilanjutkan dengan pengecakan pengisian e-Sakip masing-masing UPT, yang dilakukan oleh Bambang Surya. Beliau langsung membuka aplikasi dan memastikan pengisian IKU dan pencapaian hingga September dan pengisian rencana aksi, kemudian acara berjalan seiring diskusi.

Sebagai catatan, khusus untuk data pengisian rencana aksi, sangat membutuhkan waktu ekstra dalam memunculkan kolom isian realisasi, sehingga cukup banyak UPT BPTP yang terkendala dalam pengisiannya, terutama BPTP yang memiliki sinyal seluler atau provider yang cukup lemah.

Dianjurkan oleh Bambang, agar dalam pengisian e-Sakip harus ekstra bersabar untuk menunggu tampilan webnya terbuka, serta setiap operator atau pelaksana harus memastikan jaringan serta PC yang dipakai untuk menginput data e-Sakip tersebut sudah cukup memadai untuk menghindari kesulitan dan kegagalan dalam melakukan penginputan.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/1122318141148378/posts/3426571734056329/