2020-10-13

Varietas Derap, Deja dan Devon yang Menjanjikan

BPTP JAMBI
...

TANJUNG JABUNG TIMUR - Kegiatan penanaman benih kedelai beberapa varietas di Desa Marga Mulya Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah dapat membuahkan hasil yang cukup memuaskan.

Melalui pendampingan kegiatan Desentralisasi Produksi dan Diseminasi Benih Sumber Varietas Unggul Tanaman Kedelai dengan sumber dana DIPA BPTP Jambi dapat berjalan dengan lancar meski di tengah kendala teknis sebagai akibat dari adanya pembatasan mobilitas karena Pandemi Covid-19.

Selama kurang lebih 4 bulan tanaman kedelai dibudidayakan dan dilakukan pemeliharaan oleh petani penangkar yang tergabung pada Kelompok Tani Sri Mulya dengan pendampingan teknologi oleh BPTP Jambi sedangkan pengawasan lapang dibantu oleh tenaga penyuluh yang dikoordinir oleh BPP setempat.

Teknologi yang direkomendasikan oleh BPTP Jambi diantaranya adalah penggunaan benih unggul bersertifikat (label putih) yang diperoleh dari Balitkabi Badan Litbang Pertanian, penyiapan lahan  yang berfokus pada pemanfaatan jerami sebagai mulsa, tanpa olah tanah dan penanganan gulma dengan aplikasi herbisida kontak, pemanfaatan dan pengelolaan saluran drainase yang baik, tanam dengan sistem tugal dan penggunaan jarak tanam 40 cm x 15 cm dengan 2-3 benih per lubang tanam, kemudian aplikasi pemupukan berimbang sejak awal penanaman hingga pada fase pemeliharaan.

Pada akhirnya tiga varietas yang telah ditanam yaitu Derap, Deja dan Devon dapat memberikan hasil yang cukup memuaskan bagi petani dan stakeholder yang terlibat.

Kegiatan panen yang dilakukan pada tanggal 13 Oktober 2020 memberikan informasi produksi melalui ubinan yang dilakukan dengan hasil untuk masing-masing varietas Derap, Deja dan Devon berkisar: 1.42 ton/ha, kadar air panen 18.5% (Derap), 1.35 ton/ha, kadar air panen 18.5% (Deja) dan 1.19 ton/ha, dengan kadar air panen 17.4% untuk varietas Devon.

Kegiatan panen dihadiri oleh beberapa stakeholder setempat diantaranya Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang diwakili oleh Kabid. Tanaman Pangan, petugas BPSB, POPT, BPP dan penyuluh Kecamatan Rantau Rasau.

Pada kesempatan tersebut para stakeholder dan petani menyatakan bahwa ketiga varietas unggul ini (Dera, Deja dan Devon) cukup adaptif dan dapat memberi harapan baik bagi pengembangan kedelai pada musim berikutnya.

Diharapkan petani penangkar benih yang tergabung pada Kelompok Tani Sri Mulya dapat melakukan proses pascapanen dengan tepat hingga pada tahap penyimpanan agar benih terjaga mutunya yang selanjutnya dapat didistribusikan dan mencukupi kebutuhan petani di lingkungan sekitar khususnya atau dalam Kecamatan Rantau Rasau pada umumnya.

Sub Sektor : Kedelai
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : VUB KEDELAI
https://www.facebook.com/1122318141148378/posts/3428679007178935/