2020-11-12

Balai Karantina Pertanian Kelas I Palembang Koordinasi Kostratani ke BPTP Jambi

BPTP JAMBI
...

KOTA JAMBI - Kepala Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Palembang Ir. Bambang Hesti Susilo, M.Sc dan tim melaksanakan kunjungan ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi dalam rangka koordinasi efektifitas pelaksanaan Kostratani di BPTP Jambi.

Kedatangan rombongan disambut dan didampingi oleh Plh. Kepala BPTP Jambi Dr. Erwan bersama Koordinator Penyuluh di kantor BPTP Jambi, Kamis (12/11).

Dalam diskusi dijelaskan kegiatan Kostratani yang telah dilaksanakan oleh BPTP Jambi, potensi komoditas ekspor yang ada di Provinsi Jambi serta kendala yang dihadapi.

Saat ini BPTP Jambi melakukan pendampingan BPP Model Kostratani di BPP Pelayangan Kota Jambi dan BPP Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

Beberapa komoditas pertanian di Provinsi Jambi yang memiliki prospek untuk di ekspor antara lain nanas tangkit, pinang betara, kopi libtukom, kelapa dalam, kayu manis, walet, dan lain-lain, beberapa diantaranya telah dilakukan pendampingan dan pengkajian oleh BPTP Jambi.

Kepala BKP mengharapkan agar hasil penelitian yang dihasilkan BPTP juga dapat dimanfaatkan oleh Pemda dalam menetapkan kebijakan di daerah.

Diungkapkan Kepala BKP, bahwa di Sumatera Selatan sendiri kegiatan Gratieks masih mengakomodir 10 komoditas dan sesuai dengan kondisi di Sumatera Selatan produksi kelapa sangat tinggi, sehingga ekspor difokuskan pada produk andalan Sumatera Selatan yaitu olahan kelapa.

Untuk meningkatkan jumlah ekspor di daerah, informasi terkait peluang-peluang ekspor dapat juga diperoleh dari atase terkait pertanian maupun perdagangan serta pengusaha-pengusaha yang bermitra dengan negara lain. (PS)

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/1122318141148378/posts/3504515419595293/