2020-11-17

BPTP Jambi Persiapkan Pelepasan Komersialisasi Bawang Putih Jangkiriah Adro

BPTP JAMBI
...

KERINCI - Selasa, 17 November 2020, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi Dr. Rustam, SP., M.Si, bersama dengan tim dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) )Provinsi Jambi (Ir. Akhmad Maushul, Ir. Taufik), Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Kerinci (Radium Halis M,Si, Rikhe Evriantos SP., M.Si) melakukan rapat persiapan pelepasan komersialisasi bawang putih Jangkiriah Adro.

Pertemuan dilakukan di Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci di Siulak. Dalam pertemuan tersebut dibahas kesiapan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dalam mempersiapkan dokumen kelengkapan persyaratan pelepasan komersialisasi bawang putih Jangkiriah Adro.

Beberapa dokumen yang ditandatangani oleh Bupati Kerinci sudah selesai begitu juga SK Tim Uji Keunggulan. Dokumen yang dipersiapkan sebagai berikut:

  1. Surat permohonan bermaterai.
  2. Deskripsi varietas.
  3. Hasil uji keunggulan varietas (ada di makalah).
  4. Hasil uji kebenaran varietas.
  5. Surat pernyataan kesanggupan untuk melaksanakan perbanyakan benih yang memenuhi standar mutu atau persyaratan teknis minimal.
  6. Surat pernyataan kesanggupan menjamin kebenaran varietas yang diedarkan sesuai deskripsi.
  7. Surat pernyataan kesanggupan memelihara arsip benih atau tanaman yang didaftarkan sebagai varietas asli (autentik).
  8. Surat pernyataan kesanggupan menarik benih yang beredar apabila varietas benih tersebut tanda daftarnya dicabut.
  9. Surat jaminan yang menyatakan dalam jangka waktu 2 (dua) tahun setelah didaftar, benih harus diproduksi di dalam negeri (apabila varietas tersebut dapat diproduksi di dalam negeri).
  10. Penamaan sesuai peraturan.
  11. Foto tanaman/bagian tanaman yang menunjukkan kekhasan/keunikan.
  12. Soft copy makalah hasil uji keunggulan, deskripsi varietas dan foto.
  13. Surat kuasa dari pemilik varietas untuk mendaftarkan varietas dan mengedarkan benih bila varietas yang didaftarkan bukan milik sendiri.
  14. Surat izin pemasukan benih untuk tujuan uji adaptasi (khusus varietas introduksi).
  15. Proposal pelepasan varietas.

Dokumen Pernyataan yang ditandatangani oleh Bupati Kerinci sudah siap, dokumen lainnya sedang disiapkan masing-masing Penanggung Jawab (PJ) seperti PJ Deskripsi Varietas yaitu BPSPT dan BPTP Jambi, PJ Uji Keunggulan yaitu BPTP Jambi, PJ Uji Kebenaran yaitu BPSPT, Persiapan SK yang diperlukan oleh DTPH Kerinci.

Selanjutnya akan dilakukan pertemuan lanjutan pada tanggal 24 November di Kota Jambi mengundang tim pelepasan varietas dari Dirjen Hortikultura Kementan. Untuk pengantaran berkas dokumen pelepasan komersialisasi Jangkiriah Adro akan difinalkan pada pertemuan di Kota Jambi.

Setelah pertemuan, dilakukan kunjungan lapangan untuk melihat kesiapan benih bawang putih Jangkiriah Adro ke Kayu Aro. Dari kunjungan tersebut diperoleh informasi terdapat beberapa benih Jangkiriah Adro untuk pertanaman tahun 2021 diperkirakan bisa mencapai 750 kg. Kunjungan dilanjutkan ke pertanaman bawang putih petani di lapangan yaitu di lokasi Bapak Kuswadi, Desa Sako Duo, Kecamatan Kayu Aro, pertumbuhan bawang putihnya sangat bagus berumur sekitar 2,5 bulan setelah tanam. (JH)

Sub Sektor : Bawang Putih
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/1122318141148378/posts/3521344057912429/