2021-01-08

Rapat Umum BPTP Jambi Tahun 2021: Penetapan SK Personalia Susunan Organisasi dan Kegiatan BPTP Jambi T.A. 2021

BPTP JAMBI
...

KOTA JAMBI - Memasuki tahun anggaran 2020, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi menyelenggarakan virtual Rapat Umum Tahun 2021 yang dihadiri oleh Kepala Balai dan seluruh pegawai BPTP Jambi pada Jumat (08/01/2021).

Dalam arahannya Kepala BPTP Jambi menyampaikan himbauan dari Kepala Balitbangtan antara lain terkait percepatan realisasi belanja barang dan jasa.

Di BPTP Jambi tidak ada belanja modal yang lebih dari 200 juta/item sehingga realisasi akan diusahakan pada Januari 2021 (non PNBP), sementara yang PNBP kemungkinan akan direalisasikan pada Mei dan Agustus 2021.

Bagi penanggung jawab kegiatan dan tim dihimbau untuk segera mengadakan belanja bahan pendukung kegiatan pengkajian segera setelah seminar proposal.

Dalam arahan Kepala Balitbangtan juga disampaikan agar setiap BPTP menyiapkan minimal 1 lokasi binaan untuk menjadi lokasi kunjungan Mentan.

Terkait hal tersebut, Kepala BPTP Jambi menyampaikan bahwa lokasi yang diunggulkan untuk menjadi lokasi kunjungan adalah di kegiatan nanas tangkit dengan pertimbangan lokasi dekat dengan kota dan kegiatan bioindustri pernah dilaksanakan di lokasi ini sehingga pada tahun 2021 ini akan terus didampingi sehingga layak untuk dikunjungi.

Selanjutnya terkait arahan Kepala Balitbangtan untuk mengidentifikasi kegiatan yang bisa membuat lompatan 3 kali lipat baik dari segi produksi maupun produktivitas, Kepala BPTP Jambi mengharapkan agar diperoleh dari kegiatan Kajian Teknologi PROLIGA Cabai Merah di Provinsi Jambi.

Disampaikan Kepala BPTP Jambi bahwa dalam menetapkan penanggung jawab dan anggota kegiatan di BPTP Jambi T.A. 2021 telah diupayakan agar dapat mengakomodir angka kredit tahunan peneliti, penyuluh, maupun fungsional lainnya di BPTP Jambi.

Didalam penetapan SK ini juga akan diakomodir agar kegiatan-kegiatan tersebut menghasilkan Karya Tulis Ilmiah (KTI) sehingga penanggung jawab kegiatan diharapkan sudah bisa membuat manuscript KTI-nya sebelum kegiatan berakhir.

Kepala BPTP Jambi juga mengharapkan agar penanggung jawab kegiatan dan tim sesering mungkin mengadakan diskusi/rapat untuk mengkomunikasikan hal-hal yang perlu dilakukan sehingga KTI yang dihasilkan dari kegiatan itu nanti layak untuk di-publish.

Penanggung jawab kegiatan dihimbau agar meskipun anggota timnya tidak bisa ke lapangan tetapi yang dilihat adalah kontribusi dari anggota tim itu, sedangkan kunjungan ke lapangan tergantung pada kebutuhan di lapangannya.

Selanjutnya Kepala BPTP Jambi menjelaskan bahwa di dalam di SK Susunan Organisasi, Personalia, dan Tata Kerja BPTP Jambi terdapat perubahan yang mendasar setelah terjadinya transformasi jabatan Kasie Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) menjadi Sub Koordinator Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian, kemudian Koordinator Program dan Evaluasi berubah menjadi Subkoordinator Program dan Evaluasi, sementara Sistem Pengendalian Internal (SPI) yang sebelumnya berada di bawah KTU sekarang berada di bawah Subkoordinator Program dan Evaluasi.

Perubahan juga terjadi akibat adanya penambahan pegawai baru dan pengurangan pegawai.

Kepala BPTP Jambi berpesan agar keputusan ini dapat dimaklumi karena sudah diupayakan semaksimalnya agar kebijakan yang diambil betul-betul sudah mengakomodir seluruh pegawai yang ada di BPTP Jambi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan SK Susunan Organisasi, Personalia, dan Tata Kerja oleh Kasubbag. TU dan pembacaan SK Penetapan Judul, Penunjukan Penanggung Jawab, dan Anggota Kegiatan Pengkajian, Diseminasi, dan Pendampingan oleh Subkoordinator Program dan Evaluasi. (ps)

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/1122318141148378/posts/3665039436876223/