2019-12-12

Sosialisasi Pengembangan Ayam KUB Model Strata II di Provinsi Jambi

BPTP JAMBI
...

KOTA JAMBI - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi melaksanakan temu lapang kegiatan Pengembangan Ayam KUB Model Strata II di lokasi kandang plasma Talang Bakung, Kec. Paal Merah, Kota Jambi, Kamis (12/12/2019).

Temu lapang yang ke-3 ini merupakan rangkaian upaya mensosialisasikan pelaksanaan kegiatan kepada masyarakat sekitar, khususnya kepada peternak dan penyuluh pertanian.

Pertemuan dihadiri sekitar 30 orang, terdiri dari peternak ayam kampung dan penyuluh pertanian se-Kecamatan Paal Merah serta Peneliti BPTP Jambi.

Penanggung Jawab Kegiatan Dr. Zubir selaku narasumber memaparkan program Pengembangan Ayam KUB dari Balitbangtan, capaian pelaksanaan kegiatan dan perihal teknis pemeliharaan ayam kampung seperti perkandangan, vaksinasi dan penyusunan ransum.

Dijelaskan juga tahap-tahap penggunaan “Smart Feed”, aplikasi android dalam penyusunan ransum ayam yang dikeluarkan oleh Balitnak.

Beberapa hal yang diungkapkan oleh peternak dalam diskusi antara lain perlunya bantuan dalam pemasaran hasil, konfirmasi terhadap beberapa mitos dalam pemeliharaan ayam kampung, biaya pakan dan penanganan penyakit.

Sebagaimana umumnya pasar produk pertanian, fluktuasi harga merupakan resiko yang biasa dihadapi dalam penjualan ayam kampung.

Peternak harus bisa beradaptasi dengan karakteristik pasar tersebut, mempelajari alur besaran permintaan tahunan dan menyesuaikannya dengan volume produksi.

Diantara peserta juga ada yang menyarankan agar pemasaran dilakukan melalui media sosial.

Diskusi berkembang saat melakukan peninjauan kandang, karena dapat dibedakan antara anak ayam KUB, ayam Sensi dan ayam Joper yang kebetulan tersedia dikandang.

Pertemuan diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah.

Sub Sektor : Ayam KUB
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan :
http://jambi.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita/1899-sosialisasi-pengembangan-ayam-kub-model-strata-ii-di-provinsi-jambi