2020-08-27

Gubernur Jambi Panen Bawang Putih di Kerinci

BPTP JAMBI
...

KERINCI - Kamis, 27 Agustus 2020, dari kaki Gunung Kerinci Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci, hamparan pertanaman bawang putih mulai memperlihatkan geliatnya, tanah yang subur dengan iklim yang cocok untuk pertanaman sayuran sehingga Kerinci dikenal dengan daerah hortikultura di Jambi.

Panen raya bawang putih dilakukan oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Ir. Agus Sunaryo dan Bupati Kerinci yang diwaklili Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kerinci, didampingi oleh Kepala BPTP Jambi Dr. Rustam, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi Ir. Akhmad Maushul, Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Kepala Balitbangda Provinsi Jambi.

Pihak Gubernur Jambi dan Bupati Kerinci sangat mengapresiasi panen raya bawang putih yang pertama di Jambi dan berharap bisa berkembang sehingga Kerinci Jambi menjadi sentra bawang putih di Indonesia.

“Panen ini juga menjadi awal kebangkitan kembali bawang putih di Kerinci dan semoga petani dapat menikmati produksi yang bagus, tentunya dengan harga yang tinggi,” ungkap Kepala BPTP Jambi.

Ucapan terima kasih disampaikan Kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kerinci yang banyak membantu mensukseskan kegiatan perbenihan bawang putih ini hingga panen.

“Lokasi panen raya bawang putih di Kayu Aro merupakan hasil pendampingan BPTP Jambi untuk menjadikan Kerinci sebagai sentra bawang putih nasional melalui paket teknologi budidaya dan perbenihan,” kata Jon Hendri, SP., M.Si., peneliti penanggung jawab kegiatan Perbenihan Bawang Putih.

Panen bawang putih  ini menunjukan besarnya potensi bawang putih di Kerinci dengan produksi rata-rata mencapai 10 ton/ha atau lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Kerinci mempunyai varietas lokal bawang putih yang sudah memiliki tanda daftar dengan nama Bawang putih Jangkiriah Adro, saat ini dalam proses pendaftaran untuk mendapat izin edar dari Kementerian Pertanian.

Bawang Putih Jangkiriah Adro mempunyai potensi yang bagus dikembangkan karena umbi yang besar dan aroma harum serta rasa gurih dengan sensasi pedas.

Hasil panen bawang putih akan dijadikan benih dan diserahkan lagi ke petani lewat Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kerinci sebanyak 1.000 kg untuk dikembangkan menjadi bawang putih produksi. (DJH)

Sub Sektor : Bawang Putih
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan :
http://jambi.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita/2079-gubernur-jambi-panen-bawang-putih-di-kerinci