2020-09-15

Komitmen BPTP Jambi dalam Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik

BPTP JAMBI
...

KOTA JAMBI - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi memperoleh peringkat VI sebagai Unit Kerja Informatif dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik lingkup Kementerian Pertanian tahun 2020 Kategori Esselon III.

Hasil pemeringkatan diumumkan dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi lingkup Kementerian Pertanian tahun 2020 yang digelar di Ruang Teater Gedung Pusat Informasi Agribisnis, Kementerian Pertanian, Selasa (15/9).

Kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Unit Kerja (UK) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian serta memberikan apresiasi kepada UK/UPT yang telah berkomitmen untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik.

Dalam laporannya Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri menjelaskan bahwa monitoring dan evaluasi untuk mengukur pelaksanaan pengelolaan layanan informasi yang telah dilakukan khususnya oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dari UK/UPT lingkup Kementan adalah bentuk perwujudan dalam menjalankan amanat UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Proses penilaian dilakukan oleh para tim penilai dan juri yang seluruhnya berasal dari luar Kementan, antara lain Komisi Informasi Pusat, akademisi, pengamat dan praktisi serta lembaga swadaya masyarakat yang berkecimpung dalam keterbukaan informasi publik di Indonesia.

Kuntoro Boga Andri menyampaikan pada tahun ini terjadi peningkatan yang sangat signifikan terkait dengan kualitas pengelolaan informasi dan layanan informasi publik oleh Kementan yaitu untuk kategori informatif yang pada tahun 2019 hanya 1% menjadi 10% kemudian kategori menuju informatif dari 9% menjadi 29%.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekjen Kementan, jajaran Pejabat Esselon I dan Staf Khusus Kementan, Komisioner Komisi Informasi Pusat serta disaksikan secara virtual oleh Kepala UK/UPT beserta PPID lingkup Kementan.

Dalam sambutannya Sekjen Kementan Momon Rusmono menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 tidak hanya menjadi permasalahan di sektor kesehatan tetapi juga termasuk ke masalah ketahanan pangan.

Berkali-kali terbukti bahwa pada saat terjadinya krisis hanya sektor pertanian yang bisa menopang perekonomian nasional, ini juga dibuktikan pada kuartal kedua ketika hampir semua sektor negatif hanya 3 sektor yang positif, salah satunya adalah sektor pertanian yang positifnya lebih dari 16%.

Artinya perekonomian nasional betul-betul mengharapkan kontribusi pertanian yang positif yang bisa dilakukan dengan kerja semangat dan kerja keras.

“Mari kita kerja keras, mari kita kerja semangat tidak hanya berorientasi pada ketersediaan pangan untuk 267 juta penduduk, tetapi juga baimana supaya perekonomian nasional bisa disumbang secara positif oleh sektor pertanian,” ajak Momon Rusmono.

Beliau juga mengapresiasi capaian Kementerian Pertanian dalam keterbukaan informasi publik, yang mengindikasikan bahwa masing-masing bidang telah memberikan kontribusi terbaiknya.

“Oleh karena itu keterbukaan informasi publik dari tahun ke tahun harus meningkat dan terus maju,” ungkapnya.

Selain BPTP Jambi, penghargaan predikat informatif atas implementasi para pejabat esselon III dalam Keterbukaan Informasi Publik juga diraih oleh BPTP Banten (peringkat VII), BPTP Papua (peringkat VIII) dan BPTP Bengkulu (peringkat X).

Pada kategori Eselon I, Badan Litbang Pertanian mendapat Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020, sementara pada lingkup Eselon II Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) meraih kategori khusus dengan predikat Pengorganisasian dan Strategi Pelayanan Informasi Publik Terbaik Unit Kerja Eselon II.

Selain penganugerahan keterbukaan informasi, dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan komitmen keterbukaan informasi oleh esselon I lingkup Kementerian Pertanian yang disaksikan oleh komisioner Komisi Informasi Pusat dan Sekjen Kementan.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/1122318141148378/posts/3338817672831736/